Pages

Senin, 25 Oktober 2010

jamur tiram wenak buat apa saja

disini saya akan menjelaskan sedikitnya cara pembuatan media Bag Log
langkah - langkah yang di tulis dalam blog ini adalah hasil praktek magang usaha agribisnis yang saya lakukan selama 1 (satu) bulan di sukabumi
disana melakuka semua kegiatan A sampai Kegiatan Z yang biasa dilakukan oleh Induk Semang saya
nah selanjutnya silahkan anda mempelajari apa yang telah saya tulis di dalam blog ini


Langkah – langkah Membuat Media Jamur


langkah pertama yaitu Bag Log ( yaitu media jamur F2 atau F3)

1. pengayakan

Serbuk gergaji yang telah dikumpulkan, dilakukan pengayakan, akan tetapi sebelum pengayakan dimulai, usahakan tangan harus bersih (steril dan bebas minyak)

2. pancampuran

Serbuk gergaji yang telah di ayak diratakan terlebih dahulu dengan menggunakan sekop atau cangkul, setelah rata campurkan Dedak, Kapur, Air dengan perbadingan 100 : 10 : 1,5. Setelah merata tabahkan Air dengan perbandingan 45% - 55% dari Serbuk gergaji, kemudian campuran tersebut didiamkan selama satu malam.

3. pewadahan

Pewadahan di campurkan setelah serbuk gergaji tersebut sudah terfermentasi. Pewadahan dilakukan dengan cara memasukan serbuk gergaji ke dalam pelastik tebal yang tahan panas dengan ukuran 18 x 30 cm. campuran yang telah dimasukan ke dalam plastic (ini disebut Log) log yang telah di padatkan diberi karet.

4. sterilisasi

Dilakukan dengan cara penguapan Log yang dimasukan kedalam steeman (semacam ruangan tempat dilakukannya sterilisasi) dan disusun rapi. Lalu proses pembakaran dilakukan dengan oli dan air salama ± 4 jam tau dengan kayu selama 12 jam. Setelah proses sterilisasi selesai, Log – log diangkat lalu didinginkan selama 1 hari. Setelah didinginkan masukan Log kedalam ruangan enting/enokulasi (ruangan tempat/ proses penanaman bibit kedalam media log.

1 komentar:

mutualbehavior mengatakan...

mendingan tulisan dibagi jadi beberapa bagian/post. jadi lebih enak baca nya. gak scroll lama - lama

Posting Komentar

tinggalkan pesan anda

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.